Manfaat Nitrogen Untuk Ban

Ban merupakan komponen terpenting dalam suatu kendaraan baik kendaraan roda dua maupun roda empat. Oleh karena itu ban motor harus sering di perhatikan dan di kontrol sesering mungkin, ban juga berfungsi sebagai aksesoris motor untuk memperindah tampilan kendaraan anda. Terkadang banyak para bikers ataupun drivers yang hobi dibidang otomotif mengganti ukuran ban kendaraan mereka menjadi lebih besar maupun lebih kecil dan tipis semua tergantung selera tetapi ada baiknya lebih memilih ban dengan kualitas yang baik karena sangat berpengaruh sekali untuk performa laju kendaraan anda. Semakin sering kendaraan anda melaju di jalan makan akan semakin tipin ulir atau kembang ban tersebut, dan kualitas kare ban akan semakin kurang baik, oleh karena itu pengisian tekanan angin juga sangat perlu di perhatikan.
Dalam postingan kali ini saya akan mencoba meberikan sekedar info tentang Manfaat Nitrogen Untuk Ban kendaraan anda. Jika tekanan gas di dalam ban lebih rendah dari yang disarankan, maka bidang yang menapak dan mencengkram jalan tidak merata sehingga bidang tapaknya menjadi lebih sedikit yaitu hanya pada daerah pinggir ban saja. Begitu juga jika tekanannya berlebihan dari yang dianjurkan, maka yang menapak hanya daerah tengah ban saja. Akibat dari kekurangan dan kelebihan tekanan gas tersebut adalah tapak ban akan menipis tidak merata, sering orang menyebut 'botak luar, atau botak dalam'. Sebaliknya apabila tekanan gas di dalam ban diisi sesuai anjuran, maka bidang tapak ban yang mencengkram jalan menjadi lebih luas dan merata. Untuk keamanan berkendara akan lebih terjamin.


Ban yang telah diisi gas (angin) bertekanan tertentu umumnya terdiri dari 21% gas oksigen dan 78% gas nitrogen. Dimana campuran gas tersebut didapat dari udara sekitar pompa gas/angin tersebut, atau gas yang kita hirup sehari-hari. Partikel gas oksigen lebih kecil dibanding gas Nitrogen, sehingga gas oksigen bisa tiga kali lebih cepat merembes keluar ketimbang gas nitrogen, melalui celah-celah halus sambungan ban terhadap pelek maupun mekanik sekat/valve pada pentil (ventil). Secara perlahan tapi pasti, membuat ban kendaraan anda akan berkurang tekanan gas nya dan perlu selalu dicek tekanannya, jika kurang segera tambahkan hingga sesuai anjuran pabrik mobil maupun spec ban yang digunakan. Tekanan gas yang kurang membuat berkurangnya keamanan dan kenyamanan, juga membuat BBM boros.

Keuntungan : 
  • Ban lebih empuk dan bisa menghemat bahan bakar akibat ban tetap padat karena gas tidak mudah  terbuang dalam waktu lama
  • Ban tidak dapat terbakar ketika ban dalam kondisiputaran tinggi. Masalahnya gas Nitrogen bersuhu lebih rendah dan stabil. Rata-rata suhu gas Nitrogen pada ban sekitar 17 derajat.
  • Selain tidak dapat terbakar, gas Nitrogen juga tidak menyebabkan pelek korosi. Tidak seperti kandungan angin yang disemprotkan dari kompresor angin di pinggir jalan 
  
Kelemahan :
  • Harga setiap pengisian ban yang relatif lumayan mahal berkisar Rp.5000 s/d Rp.8000 setiap ban
Bengkel ban yang menyediakan jasa gas nitrogen juga relatif belum banyak, sehingga cukup menyulitkan ketika ingin mengisi atau menguras gas. Semoga postingan ini dapat bermanfaat bagi para bikers maupun drivers.

sumber http://us.oto.detik.com




Tidak ada komentar:

Ada kesalahan di dalam gadget ini

DI ISI YAH!! GRATIS KOK