Seputar Informasi Motor Yamaha Xeon 125

Motor matic merupakan kendaraan paling diminati oleh masyarakat pada saat ini, khususnya bagi para kaum wanita yang akhir akhir ini sudah mulai banyak menggunakan kendaraan bermotor, dengan alasan macet dan agar cepat sampai tujuan mereka lebih memilih menggunakan motor, tetapi tidak hanya kaum hawa saja yang menggunakan kendaraan matic, kaum lelaki pun sekarang sudah banyak menggunakan kendaraan matic. Oleh karena itu banyak pabrikan pembuat kendaraan bermotor beralih lebih memfokuskan perusahaannya untuk memproduksi kendaraan matic. Dalam hal ini seperti PT. Yamaha (YMKI) yang melaunching kendaraan matic terbaruya yaitu Yamaha Xeon 125. Banyak sekali kontroversi tentang kelebihan dan kekurangan Yamaha Xeon 125. Seperti yang sudah dijelaskan dalam postingan sebelumnya Mengetahui Kelebihan Dan Kelemahan Motor Matic Yamaha Xeon. Tetapi dalam postingan ini saya akan sedikit lebih dalam membahas tentang kelemahan motor ini terutama dalam hal suspensi Yamaha Xeon.


Secara umum untuk mesin Yamaha Xeon belum ada masalah dan di rasa cukup baik, tarikan nya ok, nanjak ok, dan untuk bahan bakar cukup hemat. Namun ada sedikit hal yang di rasa kurang pada saat mengendarai motorXeon yaitu di bagian Suspensi Shock breaker depan dan belakang. Sangat terasa bahwa shock depan terlalu keras dan shock belakang juga keras, rebound terlalu cepat namun pada saat ada boncengan sedikit ambles sehingga boncenger dan rider seperti memantul-mantul pada saat melewati jalanan yang tidak rata. Beberapa blogs yang pernah di baca semuanya memberi catatan tentang shock breaker xeon ini. dari forum kaskus sendiri banyak yang sudah mengganti dengan Shock After Market yang harga nya jauh lebih mahal namun kualitas lebih baik atau menggunakan Shock Breaker Motor Matic ATPM lain. 

Menurut buku katalog spare part yamaha Xeon, untuk shock breaker bagian belakang dgn no kode part 44FD-F210-00. 44FD adalah kode motor Xeon, F2100 adalah kode part, untuk kode 00 penulis tidak mengetahui.
di tenggarai shock breaker yang di gunakan Xeon adalah common part atau part yang sma dengan yang di gunakan pada Mio soul dan mio-mio sebelum nya yang memiliki kode part (28D-F2210-01).
Sebelum nya shock yang di gunakan Mio memang memiliki rebound yang keras namun dan memiliki damper yang lembek sehingga rider atau pun boncenger merasa tidak nyaman pada saat berkendara di jalanan yang tidak rata. Boncenger seperti memantul-mantul di atas jok yang pasti nya akan menyebabkan rasa pegal di pinggang bahkan membuat nyeri ulu hati. hal ini Xeonity rasakan sendiri pada saat touring mudik dari jakarta ke bandung dan sebalik nya. Kondisi jalanan di bogor dan puncak yang tidak rata menyebabkan tangan serasa kesemutan, pinggang pegal dan ulu hati juga ikut nyeri, sehingga harus sering berhenti untuk istirahat dan rileksasi seluruh badan.


Info dari beberapa forum, banyak yang langsung mengganti Shock breaker ke After market yang memiliki kualitas lebih bagus dalam peredaman dan Ayunan. namun itu hanya salah satu solusi. Yamaha sebaik nya memberikan solusi bagi pengguna dan calon pembeli yang pasti sudah mencari info tentang kelebihan dan kekurangan motor ini. Tidak adil rasanya jika kita sudah membeli motor dengan harga cukup mahal tapi tidak mendapatkan kenyamanan yang cukup juga. Mungkin dari rekan-rekan ada yang memiliki pengalaman yang lain tentang shock breaker yamaha dan cara mengatasi nya, silahkan berbagi di sini.



1 komentar:

zakaria fajar mengatakan...

motor xeon ada bunyi tik-tik pada bagian CVT.padahal semua nya dah di ganti baru,tapi tetep aja bunyinya ndak mau hilang.

Ada kesalahan di dalam gadget ini

DI ISI YAH!! GRATIS KOK